6 Cara Pengobatan dan Terapi Alami untuk Penderita Diabetes Tipe 2 》

  • Share


Salah satu penyakit yang paling tidak diinginkan adalah diabetes. Karena selain tidak bebas makan apa saja, penderita diabetes lebih berisiko mengalami penyakit komplikasi. Nah, apakah Anda tahu bahwa diabetes sebenarnya ada 2 jenis? Yap, ada 2 jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2, apa bedanya? 

Cukup berbeda. Diabetes tipe 1 membuat pankreas tidak dapat atau hanya sedikit memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengendalikan gula darah. Sedangkan Diabetes tipe 2 membuat sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap hormon insulin, meskipun produksi hormon insulin normal.

Nah, dari situ kita dapat membedakan bahwa pada penderita Diabetes tipe 1 wajib suntik insulin secara rutin agar dapat mengendalikan kadar gula pada tubuh. Sedangkan penderita Diabetes tipe 2 dapat ditangani secara dini dengan melakukan pengobatan dan terapi, baik dengan atau tanpa pengawasan medis. Nah, kali ini kami akan membahas 6 cara pengobatan dan terapi alami untuk penderita Diabetes tipe 2. Ada cara apa saja? Cek daftar pertamanya di bawah ini!

1. Terapi Duwet

Siapa yang pernah dengar atau lihat yang namanya buah duwet atau jamblang? Kalau belum, Anda wajib kenal sama buah bernama ilmiah Syzygium cumini ini. Meskipun namanya agak asing, tapi duwet ternyata cukup populer di sejumlah daerah di Indonesia dengan nama jamblang, jambolan, plum hitam, plum jawa, hingga blackberry indian. Meskipun terlihat seperti anggur, tapi sebenarnya duwet termasuk jenis suku jambu-jambuan lho! Lalu, apa khasiat duwet untuk diabetes?

Duwet telah lama digunakan oleh orang India sebagai pengobatan dan terapi alami diabetes. Menurut Drs. H. Arief Hariana, duwet memiliki sifat antidiabetes dan mengandung tanin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Cara pengobatannya cukup mudah, cuci sampai bersih 15 biji duwet yang sudah dikeringkan, kemudian haluskan dan didihkan dengan air matang. Minum air rebusan duwet 3 kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Terapi Kayu Manis

Menurut Jurnal Diabetes Care dan Agricultural Research Magazine, kayu manis terbukti sangat bermanfaat sebagai terapi alami penderita Diabetes tipe 2. Menurut penelitian jurnal tersebut, kayu manis sangat berguna untuk menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol. Dari penelitian tersebut, mengonsumsi kayu manis sebanyak 1 gram setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menyembuhkan gejala diabetes karena dapat menjaga lonjakan gula darah setelah makan. Luar biasa!

Meskipun begitu, ada aturan dan cara khusus dalam meracik kayu manis sebagai terapi alami diabetes. Bagaimana caranya? Sediakan kayu manis 2 batang dengan panjang masing-masing 5 centimeter. Kemudian rebus dengan air panas 200 ml lalu minum selagi hangat. Minum air rebusan kayu manis 2 kali sehari agar efektif turunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

  • Share

Leave a Reply