Bikin Terpukau! Inilah 8 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan di Asia 》

  • Share


Pernahkah Anda membayangkan sebuah penemuan arkeologi yang dapat membuat seluruh peneliti dan arkeolog berdecak kagum? Atau mungkin ada sebuah penemuan yang malah membuat mereka terkejut bingung? Yap, tentu saja ada. Karena banyak sekali artefak atau benda-benda arkeologi yang memukau dan tersebar di seluruh dunia, termasuk Asia. Nah, kali ini kami akan membagikan 8 penemuan arkeologi paling menakjubkan di Asia. Ada penemuan apa saja? Cek daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Pilar Melayang Lepakshi, India

Sepertinya penemuan kuil unik di India bernama Lepakshi sangat menakjubkan. Kuil yang berada di Andhra Pradesh itu salah satu pilarnya tidak menyentuh tanah, sehingga banyak yang menamainya Pilar Melayang, menakjubkan! Dari total sekitar 70 pilar, hanya satu pilar itu saja yang melayang. Kemungkinan karena ada banyak pilar yang menopang kuil, maka satu pilar yang melayang itu tidak mengganggu konstruksi kuil. 

Kuil Lepakshi sendiri diperkirakan dibangun pada abad ke-16 oleh 2 bersaudara bernama Viranna dan Virupanna. Menurut cerita rakyat, kuil itu berkaitan dengan cerita legenda Ramayana. Di depan Kuil Lepakshi juga ada ukiran besar yang dibentuk dari batu dan disebut sebagai salah satu ukiran terbesar di dunia. Sehingga wajar saja bahwa Kuil Lepakshi menjadi salah satu penemuan arkeologi menakjubkan di Asia!

2. Situs Kapal Zabag, Indonesia

Penemuan arkeologi menakjubkan selanjutnya ada di Indonesia, yang bernama situs kapal Zabag. Situs ini berada di Desa Lambur I, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Menurut para ahli arkeologi, situs kapal ini merupakan galangan kapal tertua di Asia Tenggara. 

Menurut mereka, kapal itu disatukan dengan pasak kayu dan diikat dengan tali warna hitam. Teknik itu dikenal sebagai teknik Asia Tenggara dan sudah digunakan sejak abad ke-3. Lalu berapa usia Situs Kapal Zabag yang ditemukan di Jambi? Berdasarkan penelitian usia kayu situs itu, kira-kira berasal dari sekitar abad ke-3 hingga ke-14 Masehi. Namun menurut ahli sejarah, kemungkinan kapal itu berasal dari sekitar abad ke-7.

3. Gundukan Tanah, Kamboja

Berawal dari ditemukannya gundukan tanah misterius di Kamboja oleh para arkeolog sekitar tahun 2016. Setelah diteliti, gundukan tanah itu ternyata ladang kubah berusia sekitar seribu tahun, pada masa kekaisaran Khmer kuno. 

Selain itu, para arkeolog juga menemukan gundukan dalam bentuk geometris lainnya. Para ahli arkeologi dan sejarah masih meneliti mengapa bidang kubah itu dibangun di berbagai tempat di Kamboja. Namun yang pasti, gundukan itu dibangun dekat kuil Kamboja. 

  • Share

Leave a Reply