Inilah 6 Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok! 》

  • Share


Ibarat tanaman, rambut manusia adalah bunganya. Sehingga banyak sekali orang-orang yang berusaha menjaga kesehatan rambut, mulai dari memberikannya vitamin, menjaga kelembapan, hingga sering disisir. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit yang membuat rambut semakin menipis dan rontok? Ya, inilah 6 penyakit yang menyebabkan rambut rontok. Ada penyakit apa saja? Cek daftar pertama di bawah ini.

1. Lupus

Penyakit pertama yang menyebabkan rambut rontok adalah Lupus. Penyakit yang disebut juga sebagai penyakit autoimun kronis ini dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti contohnya sendi, ginjal, hingga kulit kepala. Peradangan tersebut dapat menyebabkan rambut di kulit kepala jadi menipis. Bahkan di beberapa kasus, rambut di area alis, bulu mata, dan jenggot juga bisa menipis atau rontok. 

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp. PD., hal itu terjadi jika peradangan menyebar dan berkembang di area kulit kepala. Meskipun tidak ada bekas luka, tapi rambut bisa rontok dan menipis meskipun tidak permanen. Selain itu, penyakit Lupus jenis Diskoid secara khusus menyerang jaringan kulit sehingga menyebabkan ruam-ruam di area kulit kepala hingga membuat kerontokan. 

Sementara itu, obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita Lupus juga memberi efek samping rambut rontok, kabar baiknya, jika pengobatan selesai, efek samping itu juga akan hilang. Meskipun penyakit Lupus susah didiagnosis sedari dini, dan tidak dapat dicegah, namun kita harus tetap menerapkan gaya hidup sehat agar tidak memicu lupus. Semoga kita semua terhindar dari penyakit Lupus ya!

2. Anemia

Penderita Anemia juga dapat mengalami rambut rontok lho. Memang apa kaitannya Anemia dan rambut rontok? Sangat berkaitan. Jadi, darah atau hemoglobin membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk pertumbuhan rambut. Jika seseorang mengalami Anemia, maka jumlah hemoglobin akan berkurang sehingga menyebabkan rambut rontok.

Untuk mencegah rambut rontok karena Anemia, maka kita harus sering mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang dan tinggi vitamin, minum suplemen penambah darah, dan lakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan lain-lain. Jika rambut tetap rontok meskipun sudah melakukan cara-cara pencegahan, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter ya!

  • Share

Leave a Reply