Benefits of Regularly Eating Apples for Your Health – Latest Celeb News

  • Share
Celebrithink.com - Apel merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Selain rasanya yang lezat, apel juga menyimpan banyak kandungan nutrisi. Serat, fitonutrien, dan antioksidan di dalam buah apel sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, bahkan mencegah berbagai penyakit. Bahkan, apel juga termasuk buah rendah kalori sehingga cocok dijadikan camilan saat diet. Nah, dengan banyaknya nutrisi yang dimiliki, apakah anda tahu apa saja manfaat buah apel itu? Melansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa manfaat rutin megnongsumsi apel bagi kesehatan yang bisa anda rasakan. Menurunkan Berat Badan Apel diketahui kaya akan serat dan air. Dua manfaat ini membuat lebih mudah kenyang jika mengonsumsinya. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibanding mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tanpa produk apel. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalam apel dapat mendukung penurunan berat badan. Baik untuk Kesehatan Jantung Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner. Asupan jus apel atau apel secara cukup mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung dalam waktu cukup singkat. Sebuah analisis studi juga menemukan, asupan tinggi flavonoid (salah satu polifenol yang terdapat di dalam apel) dikaitkan dengan rendahnya risiko stroke sebanyak 20 persen. Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL, dan bertindak sebagai antioksidan. Menurunkan Risiko Diabetes Beberapa penelitian telah mengaitkan makan apel dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Ada kemungkinan polifenol di dalam apel mencegah jaringan rusak pada sel beta. Sel beta memproduksi insulin di dalam tubuh. Sel ini sering rusak pada tubuh penderita diabetes tipe 2. Menyehatkan Pencernaan Apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Konsumsi apel sama saja dengan memberi makan bakteri baik di usus. Usus kecil tidak menyerap serat dalam pencernaan. Sebaliknya, serat akan pergi ke usus besar, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik. Serat juga berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang beredar kembali ke seluruh tubuh. Mencegah Kanker Beberapa studi menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman di dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah. Para ilmuwan percaya, efek antioksidan dan antiinflamasi pada apel mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan potensial kanker. Finland's National Public Health Institute menyimpulkan, diet apel berhubungan dengan penurunan risiko pengembangan kanker. Studi ini melibatkan 9.959 pria dan wanita yang teratur mengonsumsi apel. Para peneliti juga menyampaikan risiko kanker paru-paru turun sebesar 46 persen pada orang-orang yang konsumsi apelnya tinggi. Menjaga Kesehatan Tulang Makan buah apel dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi. Kepadatan tulang merupakan sebuah penanda kesehatan tulang. Para peneliti percaya, antioksidan dan antiinflamasi pada buah dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Beberapa studi menunjukkan manfaat apel bagi tubuh manusia dapat secara positif memengaruhi kesehatan tulang. Baik bagi Penderita Asma Apel yang kaya antioksidan diklaim dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif. Para peneliti menemukan mereka yang sering mengonsumsi apel memiliki kualitas paru lebih baik dibandingkan yang tidak memakan apel. Selain itu, sebuah penelitian besar pada lebih dari 68.000 orang menemukan mereka yang makan paling banyak apel memiliki risiko asma terendah. Kulit apel mengandung quercetin yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Melindungi Kesehatan Mental dan Otak Jus apel digadang-gadang memiliki manfaat mencegah penurunan mental terkait usia. Dalam penelitian pada hewan, konsentrat jus apel mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya (ROS) dalam jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental. Jus apel juga dapat membantu menjaga keberadaan asetilkolin, yang merupakan neurotransmiter yang bisa menurun seiring bertambahnya usia. Tingkat asetilkolin rendah berkaitan dengan timbulnya penyakit Alzheimer. Melindungi dari Cedera Perut Akibat NSAID Kelas obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) dapat melukai lapisan perut. Sebuah penelitian di tabung reaksi dan tikus menemukan, ekstrak apel beku-kering membantu melindungi sel-sel perut dari cedera akibat NSAID. Dua senyawa tanaman di dalam apel yaitu asam klorogenat dan katekin dianggap sangat membantu. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ada alasan untuk percaya bahwa salah satu manfaat buah apel adalah dapat meningkatkan kekebalan. Apel mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada November 2017 di jurnal Nutrients menemukan, vitamin C memainkan banyak peran dalam membantu fungsi sistem kekebalan tubuh.


1NEWS Apples are one of the most popular fruits in society. In addition to its delicious taste, apples also store a lot of nutritional content. The fiber, phytonutrients, and antioxidants in apples are very good for supporting body health and preventing various diseases. In fact, apples are also low in calories, making them suitable as a snack while on a diet.

Well, with the many nutrients it has, do you know what are the benefits of apples? Launching from the page clickdoctorHere are some of the benefits of regularly consuming apples for health that you can feel.

Apples are known to be rich in fiber and water. These two benefits make it easier to feel full if you eat them. In one study, people who ate apple slices before a meal felt fuller than those who consumed applesauce, apple juice, or no apple products. In addition, several natural compounds in apples can support weight loss.

Good for Heart Health

There are a number of studies that show fruit and vegetable consumption is associated with a reduced risk of coronary artery disease. Adequate intake of apple or apple juice can reduce risk factors for heart disease in a fairly short time.

An analysis of studies also found that a high intake of flavonoids (one of the polyphenols found in apples) was associated with a 20 percent lower risk of stroke. Flavonoids can help prevent heart disease by lowering blood pressure, reducing LDL oxidation, and acting as antioxidants.

Several studies have linked eating apples to a lower risk of type 2 diabetes. It is possible that the polyphenols in apples prevent tissue damage in beta cells. Beta cells produce insulin in the body. These cells are often damaged in the body of people with type 2 diabetes.

Healthy Digestion

Apples contain pectin, which is a type of fiber that acts as a prebiotic. Eating apples is tantamount to feeding the good bacteria in the gut.

The small intestine does not absorb fiber in digestion. Instead, the fiber will go to the large intestine, where it can encourage the growth of good bacteria. Fiber also turns into other beneficial compounds that circulate back throughout the body.

Prevent cancer

Several studies have shown an association between plant compounds in apples and a lower risk of cancer. Scientists believe the antioxidant and anti-inflammatory effects of apples may be responsible for their potential cancer-preventive effects.

Finland’s National Public Health Institute concludes that an apple diet is associated with a reduced risk of developing cancer. The study involved 9,959 men and women who regularly consumed apples. The researchers also said the risk of lung cancer fell by 46 percent in people who consumed high apples.

Maintain Bone Health

Eating apples is associated with higher bone density. Bone density is a marker of bone health.

Researchers believe that the antioxidants and anti-inflammatory properties of the fruit can increase bone strength and density. Several studies show the benefits of apples to the human body can positively affect bone health.

Good for Asthma Sufferers

Antioxidant-rich apples are claimed to help protect the lungs from oxidative damage. The researchers found that those who frequently ate apples had better lung quality than those who did not eat apples.

Additionally, a large study of more than 68,000 people found those who ate the most apples had the lowest risk of asthma. Apple peel contains quercetin which can help regulate the immune system and reduce inflammation.

Protecting Mental Health and Brain

Apple juice is predicted to have the benefit of preventing age-related mental decline. In animal studies, apple juice concentrate reduced harmful reactive oxygen species (ROS) in brain tissue and minimized mental decline.

Apple juice can also help maintain the presence of acetylcholine, which is a neurotransmitter that can decrease with age. Low acetylcholine levels are associated with the onset of Alzheimer’s disease.

Protects from Abdominal Injuries Due to NSAIDs

A class of painkillers known as non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) can injure the stomach lining. A test-tube and mouse study found that freeze-dried apple extract helped protect stomach cells from NSAID-induced injury. Two plant compounds in apples namely chlorogenic acid and catechins are considered very helpful.

Boost Immune System

There is reason to believe that one of the benefits of apples is that they can boost immunity. Apples contain vitamin C which boosts immunity. A review published in November 2017 in the journal Nutrients found that vitamin C plays multiple roles in helping the immune system function.

  • Share

Leave a Reply